Kamis, 12 Januari 2012


TUGAS PRODUKTIF
A.    OPINI
 HUB       : Pengulang
 Switch  : Pengumpul

·         HUB
Hub Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.

·          Switch
Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.






B.       Setuju menggunakan HUB ?                                                             

     server
 
                                                                             
                                                                                                                   


 Client  1https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHtK0A0HH3JPuEsQ6smQFg92mgLE1cj9eXeMAXWYrR2Gx-FYYk5BmIv_zKeipxX-QiagzU2Z5lsIXfHYRYQtVMulwu8BU4nGGLCXRakNil5T66BMb-6hbA1i3ReMEFfTKL_zPIw6Dk-C8/s1600/perangkat-komputer.jpg1
 
                                                                                                                                                                                                        
Client  2
 
Client  3
 
 

Menurut pendapat saya, saya setuju bila menggunakan HUB karena selain harganya lebih murah dan mayoritas masih menggunakan hub sebagai penghubung computer ke jaringan.

C.      Persamaan antara HUB Dengan Switch

Di lihat secara fungsi antara hub dengan switch ada persamaan yaitu sama mengantarkan paket data dari sumber ke tujuan dalam jaringan computer.Akan tetapi kalau dilihat secara konseptual tentulah berbeda, masing-masing mempunyai kemampuan yang berbeda baik dari segi kecepatanmaupun dari sisi system kerjanya.
Di dalam hub tidak ada proses apa-apa dalam menangani traffic jaringan.Hub hanya mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Ini akan sangat berbeda dengan switch, di dalam switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu bridge. Jika suatu port terhubung dengan suatu device maka secara principal setiap device akan bersifat indenpenden terhadap device lainnya.
Hub mempunyai kelemahan yaitu akan terus mengulang-ulang sinyal yang berupa paket data ke semua arah jalur yang ada walaupun sebenarnya paket data tersebut sudah di terima oleh computer tujuan. Hal ini akan menyebabkan frekwensi collision lebih sering terjadi.
Transfer data switch lebih cepat dari pada hub karena switch langsung mengirim paket data ke komputer tujuan, tidak mengirim ke seluruh port yang ada (broadcast) sehingga bandwitch yang ada pada switch dapat di gunakan secara penuh.
Perbedaan lainnya lagi adalah bahwa 10/100 ethernet hub hanya bekerja secara half-duplex,artinya adalah sebuah device hanya dapat mengirim atau menerima data pada suatu waktu tertentu. Sedangkan switch mampu bekerja secara full-duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan.

·         Perbedaan antara hub dengan switch
Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan.
Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.
Penggunaan Switch akan memotong penggunaan bandwith jaringan anda secara signifikan, terutama bila kita memiliki jaringan dengan banyak komputer dan semuanya sibuk untuk mengirim dan menerima data disaat bersamaan. Keunggulan switch yang lain ialah data akan lebih aman dari aksi pencurian data dengan cara sniffer.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar